WordLinx - Get Paid To Click

Kertas Yang Cocok Untuk Papercraft

Diposting oleh Unknown on 10:23 AM

Papercraft (papercrafting) adalah sebuah kegiatan membuat model dari bahan kertas yang kaku atau agak tebal. Karena bahan utamanya adalah kertas, tentu saja kita harus bisa memilih kertas mana yang paling cocok untuk digunakan. Papercraft paper pertama yang saya gunakan adalah kertas A4 80 gram bekas skripsi saya. Ternyata tidak cocok, karena setelah di lem, kertas tersebut menjadi bergelombang atau tidak halus.

Karena saya merasa kertas A4 80 gram tidak bisa digunakan untuk papercraft, kemudian saya mencari kertas yang lebih tebal. Yang banyak direkomendasikan adalah kertas 120 gram. Tapi saya sudah mencari ke seluruh toko buku dan toko kertas yang ada di Surabaya dan hasilnya nihil. Karena nihil, saya mencoba menggunakan kertas concorde 200 gr. Ketika saya mencoba merangkai, sangat susah. Karena terlalu tebal untuk modelling dengan ukuran kecil dan membutuhkan tenaga ekstra untuk memotongnya.




karton manila

Setelah mencari dan mencoba berbagai macam kertas, akhirnya saya menemukan kertas yang sesuai, yakni karton manila berwarna putih. Ketebalan karton manila sangat pas. Satu lembar bisa dipotong menjadi 8 bagian seukuran A4. Harganya juga murah Rp. 2.000/lembar. Untuk mendapatkannya juga mudah, di toko buku terdekat pasti ada yang jual.


Hingga kini, saya terus menggunakan karton manila sebagai papercraft paper. Bagi yang menggunakan kertas model lain, bisa di share disini :)

0 komentar:

Posting Komentar